Tips Wisata Toraja Bagi Traveler Muslim yang Perlu Diketahui

Tana Toraja kini menjelma menjadi kawasan wisata yang menyajikan pengalaman berbeda dari kebanyakan objek wisata yang ada di Indonesia. Keunikan dan beberapa hal yang hanya bisa ditemukan di sini membuat banyak orang mendatanginya. Warga yang mendiami wilayah Toraja sebagian besar bukan muslim oleh karena itu ada beberapa tips wisata Toraja bagi traveler muslim yang wajib untuk diketahui sebelum berwisata ke sana.

Pertama, jika Anda hendak mencari makan carilah tempat atau rumah makan muslim. Sebenarnya hal yang perlu untuk diperhatikan saat berwisata ke Toraja bagi wisatawan muslim adalah memilih makanan. Beberapa makanan khas atau makanan yang dijual di sana kebanyakan berbahan daging babi dan daging anjing yang haram untuk dimakan bagi wisatawan muslim https://www.exploretoraja.com/.

Selanjutnya pilih menu yang berbahan halal. Hindari makanan yang terkenal dengan bahan pembuatnya dari daging babi maupun daging anjing. Makanan khas Toraja yang biasanya berbahan daging anjing adalah RW masak kering, RW merupakan kepanjangan dari rintekwuuk. Jadi tips wisata Toraja bagi traveler muslim disarankan untuk tidak memilih menu rintekwuuk. Makanan khas lainnya adalah pa’piong, makan berbahan utama daging yang dimasak menggunakan bambo. Terdapat bermacam-macam jenis pa’piong, yang mengandung babi adalah pa’piongbai.

Ada juga makanan yang disebut pantollo, namanya berbeda-beda tergantung dari jenis bahannya. Perlu bagi wisatawan muslim untuk dihindari adalah pantollo duku yang berbahan daging babi. Bagi Anda yang hobi makan bakso, terdapat bakso khas Toraja yang sebaiknya tidak dibeli bagi wisatawan muslim. Nyuknyang atau bakso Toraja yang mengandung daging babi.

Hanya kalangan atas di suku Toraja yang dapat menikmati daging kerbau. Kalangan menengah ke bawah biasanya mengolah daging babi atau daging anjing. Oleh karena itu, kebanyakan makanan di Toraja mengandung kedua bahan tersebut. Jika Anda masih ragu apakah makanananya tercampur dengan bahan makanan yang haram lebih baik jika Anda tidak membeli makanan yang berupa olahan daging. Tips wisata Toraja bagi traveler muslim lainnya adalah Anda lebih disarankan untuk mencari makanan yang berupa olahan sayur. Jika ingin yang hemat dan lebih terjamin halal Anda bisa memasak mi instan saja yang banyak dijual di toko.